Selamat Pagi rekan-rekan ...berikut sekilas berita mengenai PT.Chevron yang dijadikan kambing hitam. Membuka lowongan pekerjaan mengatasnamakan perusahaan tersebut Berikut berita lengkapnya.
 Masyarakat Indonesia harus berhati-hati dengan elektronik mail atau yang sering disingkat e-mail, khususnya di Kota Duri, Kecamatan Mandau, Bengkalis, Riau. Pasalnya saat ini beredar e-mail lowongan kerja di PT Chevron Pasifik Indonesia (CPI), namun palsu dan 100 persen penipuan, yaitu di hrd@chevronindonesia.in.

Dari sumber yang didapatkan  belakangan ini marak ditemukan pengguna internet menshare lowongan kerja Chevron Indonesia dengan alamat email hrd@chevronindonesia.in. Sudah tentu, lowongan kerja ini sangat menarik minat pencari kerja dan yang ingin lanjutkan karir di perusahaan minyak dan gas (migas). Namun banyak yang tidak menyadari bahwa itu hanyalah akal-akalan sang pembuat e-mail tersebut di dunia maya (internet, red). Ada dua hal yang menjadi bukti kalau itu merupakan penipuan.

Yang Pertama, e-mail hrd@chevronindonesia.in sekilas sangat meyakinkan. Karena menggunakan kata yang tepat, yaitu hrd dan chevronindonesia. Itu merupakan dua kata yang sangat menjual. Namun jika diperhatikan lagi, alamat e-mail tersebut berakhiran '.in', disini mulai tercium gelagat yang mencurigakan. Dalam pengkodean internet dunia, akhiran '.in' bukanlah milik negara Indonesia, tetapi India. Nah, mulai terlihat penipu dunia maya berusaha menampilkan alamat e-mailnya semirip mungkin.

Kedua Chevron Indonesia tidak menerima lamaran pencari kerja melalui suatu alamat e-mail.

Saat dikonfirmasi GoRiau.com, Manager Komunikasi Sumatra PT CPI, Tiva Permata sangat prihatin terhadap maraknya penipuan calon tenaga kerja dengan mengatasnamakan Chevron. Pihaknya telah menginformasikan hal ini kepada karyawan maupun masyarakat, dan memberikan kesaksian kepada pihak kepolisian terkait laporan korban penipuan.

"Meskipun demikian, aktivitas penipuan ini masih terus berlanjut dengan menggunakan metode yang berbeda-beda sehingga kami perlu mengingatkan kepada semua pihak agar terus mewaspadai aktivitas penipuan rekrutmen oleh pihak tidak bertanggungjawab yang  mengatasnamakan Chevron. Semua informasi terkait dengan proses rekrutmen dan lowongan pekerjaan Chevron Indonesia diumumkan melalui situs www.chevronindonesia.com/careers sebagai SATU-SATUNYA saluran resmi perusahaan," ungkap Tiva Permata.

Dilanjutkan Tiva, informasi mengenai rekrutmen kepada para pelamar hanya akan dikirimkan melalui email resmi dengan domain @careers.chevronindonesia.com dan @chevron.com, atau SMS dengan nama pengirim CVX INA. Chevron pun tidak pernah memungut biaya apapun dari pelamar ataupun menunjuk agen perjalanan dalam melakukan proses rekrutmen.

"Selalu lakukan pengecekan ulang dan pemantauan status lamaran kerja di situs resmi, yaitu www.chevronindonesia.com/careers. Silakan sebarkan informasi ini kepada keluarga, kolega maupun teman agar terhindar dari tindak penipuan," imbuh Tiva Permata.(